1

Bentuk Kerjasama Tim dalam Perusahaan

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA –?Kelompok kerjasama dibentuk untuk meminimalisir risiko yang dimungkinkan terjadi karena terdapat sumber daya yang lebih banyak sehingga terjadi proses saling mengisi dan berbagi potensi satu sama lain. Dengan adanya kerjasama, risiko dari pekerjaan yang dilakukan juga dapat dipertanggung jawabkan bersama sehingga beban dan kekhawatiran tidak terlalu besar. Keefektifan suatu jalinan kerjasama tim dalam perusahaan menjadi harapan besar bagi banyak pihak karena dianggap dapat membangun dan memajukan perusahaan di masa depan. Kemampuan memecahkan masalah dan keakuratan dalam mengambil keputusan salah satu ciri khas positif yang dilahirkan kinerja tim yang efektif.

Dalam upaya meraih prestasi terbaik akan hadir tantangan, namun bagi tim yang efektif menyikapi hal tersebut secara bijaksana, cepat, dan fleksibel sehingga dapat dijadikan peluang yang besar. Dalam menyikapi tantangan,perusahaan harus menentukan arah, memberi pelatihan bagi pimpinan tim dan anggota agar menjadi tim yang efektif sehingga kerjasama tim dapat lebih bertanggung jawab dalam menghadapi resiko.

Bagaimana ciri-ciri tim efektif yang dimaksud? Berikut adalah rinciannya:

  1. Target yang akan dicapai jelas: visi, tujuan dan tugas ditetapkan bersama dan dapat diterima oleh semua anggota tim sehingga dapat diwujudkan melalui rencana kerja yang nyata.
  2. Suasana yang tidak terlalu formal, sehingga tidak dijumpai kejemuan dan ketegangan, serta memberi rasa nyaman dan santai.
  3. Setiap anggota tim terdorong untuk berperan secara aktif.
  4. Setiap anggota tim mampu dan bersedia menjadi pendengar yang efektif mendengar, menerjemahkah dalam bahasa yang sederhana, mampu bertanya, dan menyimpulkannya secara bersama-sama untuk menghasilkan ide.
  5. Setiap anggota tim memiliki rasa nyaman dan tidak canggung meskipun telah terjadi ketidaksesuaian pendapat. Tim juga tidak menunjukkan tanda-tanda penolakan, menghindari konflik ataupun menutup-nutupinya.
  6. Keputusan tim diambil secara konsensus
  7. Setiap anggota menjalin komunikasi yang terbuka
  8. Kejelasan peran dan pembagian masing-masing anggota dalam pelaksanaan kerjasama tim
  9. Meskipun ada pemimpin formal namun sikap kepemimpinan tetap dalam kebersamaan sehingga fungsi kepemimpin dapat berpindah bagi setiap anggota.
  10. Mengadakan hubungan terhadap pihak luar atau tim-tim lain dalam perusahaan
  11. Sifat dan karakteristik anggota tim yang berbeda
  12. Anggota tim bersedia secara periodik melakukan introspeksi diri (self assessment)

 

Terbentuknya kerjasama tim yang efektif dan dinamis akan menghasilkan kinerja dan tanggung jawab tinggi sehingga tim dapat memanfaatkan segala energi yang dimiliki tim tersebut untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Namun terkadang, harapan memiliki tim yang efektif tidak terwujud, ada saja faktor yang menghalang sehingga membuat para anggota tercerai-berai dan tidak saling membantu. Agar mengetahui tim yang tidak efektif yang perlu ditindak lanjuti perlu mengenal gejala kehancuran tim tersebut, yaitu :

  1. Misi yang direncanakan tidak dapat dijelaskan
  2. Pertemuan tim berjalan dengan sangat formal, sehingga anggota tim merasa kaku dan tegang.
  3. Semua anggota mempunyai semangat partisipasi tinggi namun tidak ada hasil yang diperoleh
  4. Banyak komunikasi yang terjadi namun tidak efektif
  5. Jika terjadi ketidaksesuaian pendapat, anggota melanjutkan pembicaraan pribadi di luar rapat
  6. Anggota tim kurang terlibat dalam pengambilan keputusan, cenderung diambil alih oleh pemimpin
  7. Kurangnya rasa percaya antara para anggota tim sehingga tidak berani mengemukakan pendapat secara terbuka.
  8. Tugas dan peran tidak lugas sehingga kurang dipahamisetiap anggota
  9. Kurangnya hubungan kerjasama tim dengan tim lain dalam satu perusahaan
  10. Didominasi karakteristik anggota tim yang sama
  11. Tidak melakukan introspeksi semenjak terbentuknya tim lebih dari 3 bulan

 

Keberhasilan suatu tim harus disikapi bersama, jika terdapat anggota yang merasa lebih berjasa terhadap hasil tersebut maka keutuhan tim pasti akan lenyap dan jika dibiarkan berlanjut akan timbul konflik yang membawa tim kepada kehancuran.

manado

One Comment

Comments are closed.