Bursa Berjangka Merupakan Tempat Bertransaksi Kontrak

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA -?Bursa berjangka merupakan tempat bertransaksi kontrak atau instrumen keuangan dengan harga yang telah disepakati dan dilakukan pada saat yang akan datang. Kontrak tersebut terjadi antara beberapa pihak yang tidak mengetahui lawan transaksinya. Dalam perdagangan berjangka, jenis kontrak yang berjalan adalah kontrak primer yang telah terdaftar pada bursa setempat. Kontrak berjangka merupakan kontrak standar untuk melakukan transaksi jual atau beli.

Transaksi ini hanya bisa dilakukan oleh pialang berjangka yang merupakan tempat untuk melakukan transaksi jual beli berdasarkan amanat nasabah dengan menanamkan margin untuk menjamin transaksi. Untuk menarik dana nasabah, perusahaan pialang mengirim utusan atau yang biasa disebut ?broker? untuk melaksanakan fungsi dan amanat nasabah dengan membawa nama perusahaan.

Broker atau wakil pialang berperan untuk mempermudah transaksi nasabah seperi membantu nasabah untuk mengetahui dengan jelas tentang produk yang akan di perdagangkan di perusahaan pialang tersebut, mekanisme bertransaksi, legalitas perusahaan, dan yang terpenting perhitungan untung dan rugi serta bagaimana managemen resiko yang baik. Saat nasabah ingin melakukan transaksi sebaiknya terlebih dahulu memperhitungkan besarnya pendapatan dan biaya-biaya yang akan dibebankan kepada nasabah.

Ada beberapa hal yang harus diwaspadai terhadap perhitungan biaya pada pialang berjangka antara lain :

  • Sistem komisi yang tidak transparan saat melakukan transaksi jual beli. Platform yang kita gunakan biasanya tidak menampilkan komisi kita, maka untuk mengetahui bisa ditambahkan tool komisi seperti pada aplikasi ICDX Trader anda bisa menambahkan kolom komisi dengan klik kanan main heading dan pilih ?Select Columns? kemudian pilih centang kolom ?Commision?.

Maka besarnya komisi yang didapatkan bisa dilihat langsung pada trading paltform yang menunjukkan total komisi yang dibayar saat transaksi(komisi x jumlah lot). Biaya yang dibebankan kepada nasabah oleh perusahaan pialang berjangkasebagai imbalan jasa atas transaksi yang dilakukan di bursa pasar. Biasanya besar komisi untuk mini akun sebesar US $2 per lot (open and clouse), sedangkan untuk akun standar sebesar US $2. Komisi tersebut dikenakan setiap kali proses jual dan beli atau beli dan jual berlangsung.

  • Fee penyetoran dan penarikan dana

Penyetoran dana bisa berupa setoran tunai, transfer, atau melalui kartu kredit namun biasanya dikenakan biaya sesuai dengan bank yang digunakan. Adapun penyetoran ke pialang berjangka tersebut yang memiliki rekening terpisah dengan perusahaan itu sendiri. Sedangkan untuk penarikan dana biasanya akan dikenakan biaya USD 40 untuk transfer internasional (termasuk Indonesia) dan USD 25 untuk wilayah Amerika Serikat.Bagi nasabah yang ingin modal atau keuntungan jika melalui broker asingbiasanya dikenakan biaya tambahan.

  • Biaya administrasipemeliharaan rekening

Terkait dengan pemeliharaan rekening khusus termasuk didalamnya pemeliharaan dana, saldo, atau aset nasabah, akan dilakukan pemotongan dana per bulan sebagai biaya pemeliharaan yang besarnya ditentukan oleh masing-masing bank.

  • Denda atas saldo minimum rekening

Penalti atau denda atas saldo minimum di rekening juga tergantung kurs mata uang yang sedang berlaku dan ketentuan bank tersebut.Biasannya untuk masing-masing mata uang dikenakan biaya dengan standar tertentu. Saldo margin minimum untuk setiap kontrak berjangka harus selalu tersedia dalam rekening nasabah.

  • Biaya bunga

Sebelum anda melakukan transaksi jual maupun beli, sebaiknya anda mengetahui berapa tingkat suku bunga per tahun yang dikeluarkan oleh Bank Sentral masing-masing negara. Misalnya Bank Sentral Amerika sebesar 0,25% per tahun, Bank Sentral Inggris 0,25% per tahun dan Bank Sentral lainnya yang akan kita perdagangkan mata uangnya. Perlu diperhatikan bahwa suku bunga yang dikeluarkan masing-masing Bank Sentral merupakah suku bunya per tahun.

Beberapa biaya yang dikenakan ketika akan bertransaksi di online trading harus diperhitungkan terhadap masing-masing broker atau pialang berjangka sehingga keuntungan bersih yang diperoleh lebih besar.Broker akan mendapatkan komisi dari tiap transaksi, baik nasabah mengalami profit atau loss akan dikenakan biaya sekitar 5% dari jumlah yang ditransaksikan.

manado