Bursa Eropa Naik Terdorong Reli

RIFAN FINANCINDO – Bursa Eropa Naik Terdorong Reli

RIFAN FINANCINDO BANDUNG – Bursa saham Eropa membukukan kenaikan besar pada akhir perdagangan Rabu malam, tedorong reli saham teknologi dan kenaikan harga minyak mentah.

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 ditutup naik 1 persen, dengan sebagian besar sektor berakhir di wilayah positif.

Indeks FTSE berakhir di posisi 6.728,99, naik 31,62 poin atau 0,47%

Indeks DAX berakhir di posisi 10.142,01, naik 160,77 poin atau 1,61%

Indeks CAC berakhir di posisi 4.379,76, naik 49,63 poin atau 1,15%

Indeks IBEX 35 berakhir di posisi 8.575,50, naik 90,30 poin atau 1,06%

Sektor teknologi mengungguli pasar yang lebih luas, ditutup naik 3,2 persen, berkat software raksasa SAP. Saham perusahaan Jerman rally 5,7 persen, setelah melaporkan kenaikan 9 persen laba operasional pada kuartal kedua dibantu oleh bisnis cloud.

Harga minyak mentah berdetak lebih tinggi setelah diperdagangkan dalam merah. Hal ini muncul setelah data pemerintah menunjukkan bahwa persediaan minyak mentah komersial AS telah turun 2,3 juta barel menjadi total 519.500.000 barel. Brent dan minyak mentah AS memperpanjang kenaikan pada penutupan Eropa, melayang-layang di $ 47,14 dan $ 44,91.

Di Inggris, angka-angka baru menunjukkan bahwa tingkat pengangguran di negara itu berkurang dalam tiga bulan hingga Mei, menyentuh level terendah sejak 2005. Tingkat pengangguran merosot menjadi 4,9 persen, lebih rendah dari perkiraan Reuters. Sterling menguat di bagian belakang berita, diperdagangkan naik terhadap dolar, melayang-layang di $ 1,3163 pada penutupan Eropa.

Lihat : Tingkat Pengangguran Inggris Turun Terendah Hampir 11 Tahun

Pada berita lain, Perdana Menteri baru Theresa May mengatakan U.K. akan meninggalkan Uni Eropa, tetapi tidak Eropa; dan bahwa negara itu terbuka untuk bisnis.

Laba musim ini berlangsung dengan sejumlah perusahaan Eropa melaporkan. Pembuat peralatan rumah Electrolux mengatakan pendapatan operasional pada kuartal kedua naik 70 persen tahun-ke-tahun berkat kinerja yang kuat di Amerika Utara, namun saham jatuh, berakhir turun 6 persen.

Nordea melaporkan sedikit penurunan laba usaha pada kuartal kedua yang mencapai ? 1220000000 ($ 1340000000), meskipun ini adalah di atas ekspektasi analis, mengirimkan saham untuk ditutup naik 3,5 persen.

Sementara itu Eurotunnel, operator link rel Anglo-Perancis, menurunkan prospek laba inti untuk 2016 dan mengatakan sulit untuk memprediksi dampak Brexit. Namun, pendapatan di babak pertama tahun ini naik 2 persen tahun-ke-tahun. Saham berakhir 1,5 persen ke bawah.

Ubisoft Entertainment adalah pemain terbaik Eropa, melompat 7,8 persen, setelah penjualan kuartal pertama game developer video mengalahkan perkiraan dan mengkonfirmasi proyeksi setahun penuh.

Volkswagen rally 6 persen setelah melaporkan bahwa hasil operasi sebelum item khusus untuk enam bulan pertama adalah 7.5 milyar euro, mengatakan bahwa itu ?secara signifikan lebih tinggi dari ekspektasi pasar?.

Dalam berita bisnis lain, saham HSBC berfluktuasi pada perdagangan sore, ditutup naik 1,65 persen. Hal ini muncul setelah laporan bahwa dua bankir senior telah ditangkap sehubungan dengan kasus yang melibatkan patokan mata uang. HSBC telah menolak berkomentar.

Saham pembuat peralatan telekomunikasi Ericsson berakhir naik 3 persen setelah sebuah laporan di surat kabar bisnis Dagens Industri menyarankan bahwa dua dari pemilik utama perusahaan Swedia ini telah memutuskan kepala eksekutif Hans Vestberg perlu mundur.

Sementara itu, sektor sumber daya dasar berakhir turun 1,2 persen. BHP Billiton mengatakan proyeksi yang meleset dari bijih besi sebesar 3 juta ton karena suspensi produksi di tambang Samarco setengah-dimiliki di Brazil di mana bendungan meledak November lalu, menewaskan 19 orang dan menyebabkan bencana terburuk lingkungan. Saham penambang ditutup 2,3 persen turun.

Di tempat lain di sektor ini, Anglo American merokot 4,8 persen, setelah melaporkan produksi campuran untuk kuartal kedua di tengah upaya restrukturisasi.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan mencermati keputusan suku bunga dari Bank Sentral Eropa sore ini.

 

sumber : vibiznews.com

 

IT RFB BDG