Cara Mewaralabakan Bisnis Anda

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA -?Jika bisnis yang Anda rintis mengalami keberhasilan tentu sebagai pengusaha, Anda ingin semakin mengembangkan bisnis tersebut lebih lanjut. Salah satu pilihan? yang saat ini populer adalah bisnis waralaba atau mewaralabakan bisnis. Hal ini juga merupakan sistem pemasaran yang lebih menguntungkan bagi perusahaan franchisor atau pemberi waralaba karena berpeluang memperluas jangkauan pasar tanpa membuka cabang yang selalu berkaitan dengan biaya yang besar atau rumitnya sistem manajemen.

Selain waralaba dari luar negeri dengan merk dagang yang sudah mendunia, banyak pula merk waralaba lokal yang bisa menjadi pilihan terutama bagi pebisnis pemula karena harga beli waralaba yang tidak terlalu mahal tapi memiliki sistem yang telah siap pakai. Bisnis waralaba yang paling banyak diminati saat ini adalah waralaba makanan dan minuman karena merupakan kebutuhan pokok manusia, sehingga bisnis ini tidak akan pernah kehilangan pasar apalagi jika sudah memiliki? pelanggan setia yang fanatik dengan merk makanan atau minuman yang bersangkutan.

Jika sistem bisa berjalan dengan baik, maka bisnis waralaba akan membawa keuntungan bagi kedua belah pihak, yaitu? franchisor dan franchisee atau pemberi dan penerima waralaba. Sebagai perusahaan inti, franchisor dapat berkonsentrasi untuk membuat produk-produk terbaik sehingga dapat bersaing di tengah produk lain yang serupa, sementara franchisee bertugas untuk memikirkan strategi agar penjualan produk terus meningkat untuk memperoleh keuntungan semaksimal mungkin bagi gerainya dan secara? tidak langsung juga menguntungkan perusahaan induk. Oleh karena itu hubungan antara franchisor dan franchisee harus terjaga dengan harmonis demi terciptanya kerjasama bisnis yang baik.

 

Cara mewaralabakan bisnis Anda

Jika anda tertarik untuk membangun jaringan bisnis waralaba, berikut adalah beberapa cara yang perlu anda tempuh untuk mewaralabakan bisnis anda.

  • Memastikan legalitas usaha

Memastikan legalitas usaha sangat penting jika kita ingin mewaralabakan suatu usaha, karena anda harus membangun merk yang menjual untuk meyakinkan calon pembeli waralaba dan menghindari masalah hukum yang kelak mungkin terjadi. Dengan mendaftarkan merk dagang, artinya anda telah memiliki paten atas merk tersebut sehingga tidak seorang pun dapat mengklaimnya. Untuk usaha makanan dan minuman juga harus mempunyai izin dari BPOM dan sertifikat halal dari MUI. Legalitas usaha bisa Anda daftarkan di Departemen Perdagangan untuk mendapatkan Surat Tanda Pendaftaran Usaha Waralaba (STPW).

  • Membangun sistem? pemasaran

Salah satu persyaratan agar sebuah bisnis bisa diwaralabakan adalah profitabilitas yang telah teruji. Untuk itu, franchisor harus mempunyai sistem pemasaran yang telah terbukti menguntungkan tetapi sekaligus mudah dijalankan dan mudah diajarkan.? Perusahaan pemberi waralaba yang berkualitas pada umumnya memiliki pusat pelatihan untuk mengetahui sistem pemasaran yang paling baik bagi? bisnis waralaba bersangkutan.

  • Survey lokasi

Salah satu faktor penyebab keberhasilan bisnis adalah lokasi yang tepat. Oleh karena itu perusahaan franchisor harus melakukan survey lokasi terlebih dahulu sebelum menyetujui kerja sama bisnis waralaba dengan pihak lain. Produk yang unggul dan sistem pemasaran yang mumpuni bisa saja tidak berguna bila lokasi bisnis berada di tempat yang tidak strategis.

  • Dukungan kepada mitra

Memperlakukan penerima franchise sebagai mitra dengan rasa saling mempercayai, menghargai, dan menghormati akan menjamin kelanggengan kerja sama bisnis yang Anda jalankan. Untuk itu hak dan kewajiban kedua belah pihak harus diuraikan dengan jelas dalam surat perjanjian bisnis. Selanjutnya bentuk dukungan franchisor kepada penerima waralaba adalah dengan memberikan pelatihan, memberi pertimbangan tentang standar pelayanan, dan melakukan kontrol secara berkala akan kualitas gerai.

Sistem bisnis waralaba dapat dikatakan baik jika sanggup mengantarkan penerima waralabanya mampu menjalankan sistem bisnis dengan baik dan mendapatkan kesuksesan, bahkan bagi orang yang sama sekali tidak berasal dari latar belakang pengusaha.

manado