Harga Emas Merosot Terganjal Penguatan Dollar AS

RIFAN FINANCINDO – Harga Emas Merosot Terganjal Penguatan Dollar AS

RIFAN FINANCINDO BANDUNG – Harga Emas merosot pada akhir perdagangan Rabu dinihari terganjal penguatan dollar Amerika Serikat setelah para pejabat Federal Reserve memberikan pernyataan hawkish tentang kenaikan suku bunga, sementara perhatian beralih ke data payrolls Amerika Serikat minggu ini untuk petunjuk lebih lanjut tentang laju kenaikan suku bunga.

Harga emas spot anjlok 0,78 persen pada $ 1,312.71 per ons, sementara harga emas berjangka Amerika Serikat untuk pengiriman Desember berakhir turun $ 10,60 pada $ 1,316.50.

Dolar AS lebih tinggi terhadap euro pada Selasa karena investor fokus pada data berikutnya untuk payroll Amerika Serikat untuk melihat apakah mendukung harapan The Fed akan menaikkan suku bunga segera.

Pengusaha diharapkan pada hari Jumat untuk menunjukkan 180.000 keuntungan pekerjaan pada bulan Agustus, menurut jajak pendapat Reuters, di bawah yang lebih baik dari perkiraan 255.000 penambahan pada bulan Juli dan 292.000 keuntungan pada bulan Juni.

Ketua Fed Janet Yellen mengatakan pada hari Jumat kesempatan untuk tingkat suku bunga yang lebih tinggi menguat, meskipun dia tidak memberi kejelasan tentang waktu kenaikan. Hari itu juga Wakil Ketua Fed Stanley Fischer menyarankan kanikan bisa datang secepat September.

Dalam sebuah wawancara pada hari Selasa, Fischer menambahkan bahwa pasar kerja AS hampir dengan kekuatan penuh, dan mengatakan laju kenaikan suku bunga oleh The Fed akan tergantung pada seberapa baik ekonomi dilakukan.

Non-farm payrolls pada hari Jumat dipandang sebagai ukuran kunci kekuatan pasar tenaga kerja AS, dan bisa memperkuat pesan hawkish dari Yellen dan pejabat Fed lainnya.

Perak turun 1,11 persen pada $ 18,63 per ons, setelah mencapai terendah dua bulan $ 18,36 pada sesi sebelumnya.

Platinum mencapai 1,77 persen lebih rendah pada $ 1.055, sementara paladium turun 3,06 persen pada $ 674,72.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas masih berpotensi lemah dengan menguatnya perkiraaan kenaikan suku bunga AS yang mengangkat dollar AS. Harga emas diperkirakan menembus kisaran Support $ 1,311-$ 1,309, dan jika harga naik akan menembus kisaran Resistance $ 1,315-$ 1,317.

sumber : vibiznews.com

IT RFB BDG