Harga Emas Turun

RIFANFINANCINDO – Harga Emas Turun

RIFANFINANCINDO BANDUNG – Harga emas spot tergelincir di akhir perdagangan hari Senin di Amerika Serikat, terpicu penguatan pasar saham yang didukung prospek stimulus moneter berikutnya dari beberapa bank sentral yang penguatan dollar AS terhadap sekeranjang mata uang dengan dukungan data pekerjaan AS yang kuat.

Harga emas spot merosot 0,8 persen pada $ 1,355.50 per ons, setelah menyentuh tertinggi sejak Maret 2014 pekan lalu di $ 1,374.91 per ons.

Pasar Saham di Eropa dan Asia menguat pada hari Senin menyusul data pekerjaan Amerika Serikat, sementara yen turun lebih dari 1 persen terhadap dolar setelah koalisi berkuasa Jepang mencetak kemenangan dalam pemilu dan menyiapkan paket stimulus baru.

Kenaikan Dolar Amerika Serikat telah didorong oleh laporan pekerjaan AS pada Jumat, yang melihat investor menghargai kesempatan dari melonjaknya suku bunga Federal Reserve sebelum akhir tahun.

Emas sangat sensitif terhadap suku bunga AS, dimana kenaikan suku bunga mengangkat biaya kesempatan memegang emas, dengan meningkatnya dolar AS.

Memudar ekspektasi kenaikan suku bunga AS telah menekan emas melonjak 28 persen sepanjang tahun ini.

Sedangkan harga emas berjangka AS untuk pengiriman Agustus naik $ 1,30 per ounce pada $ 1,359.70 pada hari Senin. Sebelumnya berakhir di $ 1.356,6 per ons.

Data dari Commodity Futures Trading Commission AS (CFTC) menunjukkan pada hari Jumat bahwa hedge fund dan manajer uang mengangkat posisi net long mereka di kontrak emas dan perak COMEX ke rekor tertinggi pada minggu hingga 5 Juli setelah referendum 23 Juni dengan keputusan Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa.

Perak berjangka naik 1,35 persen pada $ 20,37 per ons. Platinum berjangka naik 0,5 persen pada $ 1.106 per ons, sementara paladium berjangka naik 1,43 persen pada $ 625,95.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas pada perdagangan selanjutnya berpotensi lemah dengan potensi penguatan bursa global dan dollar AS. Harga emas diperkirakan menembus kisaran Support $ 1,354-$ 1,352, dan jika harga meroket akan menembus kisaran Resistance $ 1,358-$ 1,360.

 

sumber : vibiznews.com

IT RFB BDG