RIFANFINANCINDO | Indeks Hang Seng 22 Agustus Naik

RIFANFINANCINDO – Indeks Hang Seng 22 Agustus Bergerak Naik

RIFANFINANCINDO BANDUNG – Pada awal perdagangan bursa Hong Kong awal pekan Senin (22/08), indeks Hang Seng dibuka positif, saat ini terpantau anjlok 50,42 poin atau 0,22 persen pada 22987.64. Penguatan indeks Hang Seng terdorong optimisme pasar tentang peluncuran sistem pemutus sirkuit baru yang menunda saham selama lima menit dalam hal pergerakan harga tidak normal.

Hari ini akan menjadi hari pertama Hong Kong Exchanges and Clearing memperkenalkan sirkuit pemutus, yang pejabat bursa menyebut sebagai mekanisme kontrol volatilitas.

Masa tenang dalam mekanisme akan mengingatkan pasar, menyediakan waktu singkat yang memungkinkan pelaku pasar untuk menilai kembali strategi dan posisi mereka, dan membantu membangun kembali pesanan pasar jika ada pergerakan harga tiba-tiba dan drastis.

Broker mengatakan sejak ambang pemutus sirkuit Hong Kong sangat tenang dibandingkan dengan standar di seluruh dunia, mereka optimis akan ada sedikit kesempatan Hong Kong mengulangi kekacauan di Tiongkok pada bulan Januari tahun ini, ketika meluncurkan pemutus sirkuit sendiri.

Di Hong Kong bursa akan memiliki lima menit suspensi dalam perdagangan jika ada dari 81 saham konstituen di China Enterprises Index Hang Seng Index dan Hang Seng naik 10 persen dalam lima menit.

Sistem Tiongkok dirancang untuk aktif jika indeks CSI300, yang yang melacak saham-saham berkapitalisasi besar yang terdaftar di Shanghai dan Shenzhen, turun atau naik sebesar 5 persen, membawa seluruh pasar berhenti selama 15 menit. Ini akan ditangguhkan selama sisa hari perdagangan jika kenaikan atau penurunan mencapai 7 persen.

Tapi sistem tersebut dibatalkan hanya empat hari setelah peluncuran dan ditutup antara 4 Januari hingga 7 Januari. Krisis ini menyebabkan Shanghai Composite Index jatuh 22,7 persen, kinerja bulanan terburuk sejak Oktober 2008. Shenzhen Composite Index telah kehilangan 28 persen pada bulan Januari.

Pada awal perdagangan pagi ini saham-saham yang naik tertinggi adalah Want Want China Holdings Ltd yang naik 2,70 persen, saham Sands China Ltd naik 0,98 persen, saham Bank of China Ltd naik 0,87 persen, saham Cheung Kong Property Holdings Ltd naik 0,82 persen, saham Hengan International Group Co Ltd naik 0,67 persen.

Sementara itu pergerakan indeks berjangka Hang Seng pagi ini terpantau naik 45,00 poin atau 0,20% pada 22,957.00, naik dari penutupan perdagangan sebelumnya pada 22,912.00.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan indeks Hang Seng selanjutnya akan bergerak naik terdorong optimisme peluncuran pemutus sirkuit bursa Hong Kong. Indeks Hang Seng diperkirakan akan bergerak di kisaran Support 22.429-21.954 dan kisaran Resistance 23.449-23.924.

IT RFB BDG