Memahami Faktor – faktor Melakukan Investasi Emas

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA -?Sebagai mana jenis komoditi lainnya, walaupun berwujud logam mulia, emas tetap memiliki nilai yang fluktuatif. Menurut pengertian sederhana, fluktuasi berarti adalah ketidakstabilan harga emas dipasaran. Stabilitas harga adalah salah satu kunci dari profitabilitas investasi emas. Oleh sebab itu, anda sebagai investor perlu memahami dan mengantisipasi hal-hal yang dapat mempengaruhi harga emas.

Masing-masing negara mengalami perubahan harga yang berbeda. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor, baik faktor internal di negara tersebut atau faktor eksternal dari kondisi perekonomian dan stabilitas politik dunia. Berikut ini merupakan beberapa hal yang mempengaruhi fluktuasi harga emas dan dan profitabilitas investasi emas di Indonesia:

  • Rasio Perbandingan Permintaan dan Persediaan

Seperti komoditi lainnya, harga emas juga terpengaruh oleh faktor demand dan supply. Jika permintaan terhadap emas meningkat tetapi persediaan di pasaran tidak mencukupi, maka harga akan cenderung naik. Demikian juga sebaliknya, jika permintaan menurun sedangkan persediaan emas melimpah dipasaran maka harga akan turun (meskipun saat ini, persediaan emas nyaris tidak pernah surplus di pasaran). Permasalahannya kedua hal ini tergantung permintaan pasar dunia. Sehingga pergerakannya bisa cukup cepat.

  • Tingkat Inflasi

Sebagaimana yang telah dijelaskan, laju inflasi sangat berpengaruh terhadap harga emas. Inflasi yang dimaksud bukan hanya pada negara itu sendiri, melainkan inflasi yang terjadi pada negara maju memberikan andil yang lebih besar. Analoginya adalah ketika inflasi rendah atau stabil, maka banyak orang yang akan berinvestasi dalam bidang yang lain, semisal saham. Sehingga emas menjadi kehilangan harganya akibat hilangnya fungsi emas sebagai barang berharga dalam pengertian untuk investasi. Transaksi perdagangan emas hanya berkisar pada transaksi jual beli perhiasan di pasaran. Hal inilah yang memacu turunnya harga emas.

  • Investasi Saham

Dalam keadaan ekonomi yang membaik, banyak orang yang menanamkan modal dalam bentuk saham. Penjualan emas pun dilakukan untuk menambah modal berinvestasi di pasar saham. Sebab, bermain pada pasar saham walau memiliki resiko tinggi, tetap menjadi daya tarik yang besar bagi banyak orang. Sebab, kemungkinan untuk mendapatkan keuntungan yang besar dalam waktu singkat cukup terbuka dibanding investasi emas.

  • Politik

Iklim politik memiliki andil yang sangat besar dalam berbagai hal. Termasuk pengaruhnya terhadap harga emas. Ketika terjadi pergolakan politik, maka kemungkinan besar harga emas akan cenderung naik. Pasar saham melemah karena banyak investor yang merasa takut kemudian menarik uangnya, lalu kembali menginvestasikan uang tersebut dalam bentuk emas.

  • Kurs Dollar

Posisi kurs dollar Amerika Serikat juga memiliki andil yang cukup besar dalam fluktuasi emas. Sebab jika dollar stabil, dan perdagangan internasional berjalan dengan lancar, maka harga emas akan cenderung menurun, yakni mengikuti neraca pembayaran internasional.

Faktor-faktor seperti yang telah dikemukakan diatas memiliki andil yang cukup besar bagi para pelaku investasi emas. Masih ada faktor yang lain yang ikut berpengaruh, seperti harga minyak dan komoditi pertanian. Namun, biasanya harga emas akan mengikuti indeks neraca pembayaran internasional. Berdasarkan catatan tersebut maka anda dapat mengira-ngira kapan harga emas bisa disebut mahal, dan kapan bisa disebut turun. Kesimpulannya, saat yang paling tepat untuk melakukan investasi emas adalah ketika faktor-faktor diatas terpenuhi, karena harga emas cenderung rendah.

Oleh sebab itu, ketika anda berhubungan dengan perusahaan penyedia emas dan ditawari harga yang murah secara fantastis, anda perlu waspada. Seberapa lemah pun kondisi pasar, emas akan tetap menjadi idola. Harga emas tidak akan pernah turun atau naik melampaui batas kewajaran, karena fungsinya memang sebagai penyeimbang.

manado