Membentuk Budaya Perusahaan

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA -?Kemajuan sebuah perusahaan tentunya merupakan hasil kerja keras yang baik dari semua pihak yang ada di dalamnya. Tentu saja tidak ada pengusaha yang menginginkan perusahaan mereka merugi karena adanya beberapa orang yang tidak sejalan dengan arus dan budaya perusahaan. Dalam hal ini, corporate culture ?atau budaya perusahaan memainkan peranan yang tidak sedikit. Budaya perusahaan dapat diartikan sebagai semua norma, cara kerja, kebiasaan, sanksi, kapabilitas yang ada di dalam suatu perusahaan. Biasanya budaya perusahaan akan terbangun dengan sendirinya seiring dengan perjalanan waktu dan perkembangan perusahaan.

Namun demikian, menurut penilitian, bisnis yang dikembangkan oleh perusahaan yang memiliki corporate culture yang jelas, dan tertata rapi jauh lebih berkembang ketimbang perusahaan yang tidak memiliki budaya yang tersusun secara rapi. Jika digali lebih lanjut ada beberapa komponen yang biasanya terdapat atau membentuk budaya perusahaan, di antaranya:

  • Keberadaan Tujuan Perusahaan

Perusahaan pasti memiliki tujuan yang jelas. Tujuan yang jelas bukan berarti menghasilkan untung yang sebesar-besarnya, melainkan lebih jauh berbicara kepada teknik mengembangkan bisnis sehingga setiap komponen dalam organisasi bisa merasakan kemajuan yang dialami oleh perusahaan. Ketika sasaran tersebut sudah jelas, maka tujuan tersebut harus ditanamkan kepada segenap bagian organisasi dari paling atas hingga yang paling bawah.

  • Nilai-nilai Yang Dipegang

Perusahaan di suatu daerah tentunya akan menjunjung nilai yang berbeda dengan perusahaan di daerah lain. Ada banyak hal yang menciptakan nilai tersebut, termasuk adat, budaya setempat, kepercayaan, dan lain-lain. Masyarakat yang bekerja pada suatu perusahaan, sedikit banyaknya akan terpengaruh pada nilai tersebut, yang dalam jangka waktu tertentu akan menjadi sebuah nilai-nilai yang baru pada perusahaan itu.

  • Praktek Terhadap Nilai

Nilai pada perusahaan adalah nilai yang berlaku dalam masyarakat yang sudah menjadi kebiasaan di perusahaan tersebut. Nilai tersebut nantinya akan selalu dipraktekkan. Pada poin ini, terkadang perusahaan harus merelakan karyawan yang memiliki potensi besar harus angkat kaki dari perusahaan itu karena ketidakmampuannya untuk mempraktekkan nilai-nilai tersebut.

  • Kesadaran Seluruh Komponen Organisasi

Keberadaan nilai yang dipercaya dalam masyarakat yang terbangun bersama dengan berkembangnya perusahaan akan menjadi sebuah budaya perusahaan. Untuk nilai-nilai tertentu, segenap komponen organisasi tentu tidak perlu disadarkan untuk melakukannya. Tetapi untuk nilai yang lain, misalkan datang tepat waktu, bekerja dengan cerdas, adalah hal yang perlu kesadaran karyawan untuk melaksanakannya.

  • Sejarah

Sejarah atau latar belakang suatu perusahaan biasanya membentuk kepribadian yang berbeda dari perusahaan lain dengan latar belakang yang berbeda. Bahkan, ada sebagian perusahaan yang secara sengaja membentuk identitas tersendiri berdasarkan latar belakang pendirian atau latar belakang pendiri pertamanya.

Budaya perusahaan sangat erat hubungannya dengan sumber daya manusia dalam perusahaan. Untuk membangun budaya yang positif, diperlukan waktu yang lama. Perusahaan yang suka berganti personil tidak akan berhasil membangun budaya yang konsisten. Seorang pemimpin memiliki andil yang besar untuk memberikan teladan kepada seluruh anak buahnya. Jika manajemen mencanangkan budaya tepat waktu sementara sang pemimpin selalu hadir paling terlambat, tentu tidak menjadi teladan yang baik bagi seluruh karyawan.

Menuliskan budaya perusahaan dalam sebuah catatan perusahaan juga bisa dilakukan, sehingga ada catatan resmi mengenai budaya, kebiasaan, yang berlaku di perusahaan tersebut. Bagian sumber daya manusia hendaknya mensosialisasikan mengenai budaya, visi dan misi, serta kebiasaan perusahaan tersebut kepada setiap karyawan, terutama karyawan yang baru bergabung. Pastinya, corporate culture harus terintegrasi dan sejalan dengan visi dan misi perusahaan, dengan cara tersebut maka bisnis perusahaan bisa berkembang dengan pesat.

manado