Mengenal Investasi Cicil Emas Syariah Bank Mandiri

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA -?Di antara berbagai jenis investasi, investasi emas biasanya merupakan jenis investasi termahal yang bisa dilakukan kalangan tertentu karena keterbatasan biaya serta ketidakmampuan untuk memasuki pasar investasi beresiko tinggi seperti saham dan trading emas di pasar internasional. Cara mudah yang dilakukan adalah menyisihkan uang untuk membeli entah itu emas antam, koin atau perhiasan, untuk kemudian disimpan di rumah atau bank.

Walaupun cara ini sudah cukup sederhana, ternyata masih ada orang yang belum sanggup melakukan model investasi emas fisik seperti ini. Pasalnya, investasi yang ideal sebaiknya menggunakan biaya yang disisihkan setelah biaya hidup harian dan biaya darurat terpenuhi, sementara banyak orang yang memiliki penghasilan pas-pasan sehingga tak cukup untuk investasi emas fisik. Apalagi, harga emas bisa dipastikan selalu naik setiap sekitar 5 tahun, bahkan sampai 100% dari harga sebelumnya.

Melihat keadaan ini, bank pun mulai ada yang berinisiatif memberikan kemudahan bagi masyarakat dengan penghasilan pas-pasan agar bisa ikut melakukan investasi emas. Salah satu program yang walau sudah lama ada namun terhitung masih jarang digunakan oleh masyarakat adalah program cicil emas di bank.

 

Program Cicil Emas Bank Syariah Mandiri

Sebagai salah satu bank naisonal dengan jumlah nasabah terbanyak, Bank Syariah Mandiri mulai menjajaki produk investasi emas yang lebih memudahkan bagi pemilik modal investasi kecil, yaitu program BSM Cicil Emas Syariah. Program ini memang ditujukan bagi masyarakat yang ingin mengikuti program investasi dengan membeli emas batangan, namun tidak memiliki modal besar sehingga keusulitan membeli emas secara kontan.

Emas batangan dipilih karena merupakan bentuk paling ideal; tidak ada potongan biaya produksi seperti perhiasan. Selain itu, emas ini tak perlu disimpan di rumah, melainkan cukup di bank di dalam brankas yang lebih aman dan tak beresiko. Untuk transaksinya, yang digunakan adalah jaminan gadai atau rahn. Program ini telah diberi ijin dan disetujui oleh Bank Indonesia, sehingga merupakan sistem yang legal dalam pelaksanaan investasi emas. Masyarakat pun tak perlu khawatir jika ingin memanfaatkan Cicil Emas Syariah untuk investasi.

 

Proses Investasi Cicil Emas Syariah Bank Mandiri

Pada dasarnya, program cicil emas dari bank syariah menawarkan pembiayaan untuk membantu masyarakat membeli emas batangan, dimana uang muka yang harus dibayarkan pada saat mendaftar adalah 20% dari harga nilai jual emas tersebut pada saat membelinya. Karena itu, berat emas yang ditawarkan pun beragam. Nasabah boleh memilih antara memulai investasinya dengan emas batangan seberat 10 gram, hingga yang terberat yang bisa dibeli adalah 250 gram.

Pembiayan yang ditawarkan oleh investasi emas ini bisa mencapai 80% dari total keseluruhan harga emas, plus maksimal nilainya adalah 150 juta rupiah, dan dengan maksimal 5 tahun periode pembiayaan. Hal ini menuruti ketentuan dari Bank Indonesia, dimana bank yang memberikan layanan berupa cicil emas tidak boleh memberikan fasilitas pembiayaan yang lebih dari 250 juta rupiah untuk menghindari adanya resiko penyelewengan emas nasabah akibat dipakai untuk spekulasi.

Walaupun disimpan di bank, nasabah tetap dapat memerlakukan emas simpanannya seperti kalau menyimpan di rumah sendiri; bisa dijual atau digadaikan jika perlu. Selain itu, investasi ini lebih eman karena emas milik nasabah sudah diasuransikan, sehingga ada payung pengamannya untuk mencegah kehilangan aset. Dengan adanya Investasi Cicil Emas dari Bank Syariah Mandiri, diharapkan akan makin banyak masyarakat yang bisa ikut berpartisipasi dalam investasi emas demi kesejahteraan sekaligus untuk tabungan masa depan.

manado