Ngeri! Gempa Dahsyat Guncang Italia, 159 Orang Tewas

PT RIFAN FINANCINDO – Ngeri! Gempa Dahsyat Guncang Italia, 159 Orang Tewas

PT RIFAN FINANCINDO BANDUNG – Rabu (24/8) dini hari kemarin adalah hari yang sangat buruk bagi warga Italia. Tanpa ada peringatan sebelumnya, gempa bumi dahsyat dengan kekuatan 6,2 skala Richter menerjang kawasan Italia tengah. Yang menyedihkan, sejauh ini sedikitnya dilaporkan 159 orang sudah tewas karena bencana alam itu.

Mayoritas korban tewas tertimbun hidup-hidup oleh reruntuhan bangunan yang ambruk tak kuasa menahan gempa. Terjadi pada dini hari waktu setempat, rupanya banyak warga yang tengah tertidur lelap saat gempa meluluh lantahkan lingkungan mereka. Karena sangat dahsyat, kekuatan gempa dikabarkan terasa hingga kota Bologna di kawasan utara dan kota Napoli di bagian selatan Italia yang berjarak lebih dari 220 km dari pusat gempa.

baca juga : Bursa Wall Street Merosot Terganjal Pelemahan Minyak Mentah

Salah satu lokasi terparah adalah desa Accumoli di mana ada satu keluarga yang terdiri oleh empat orang termasuk dua anak laki-laki yang masih delapan bulan dan sembilan tahun, tewas terkubur hidup rumah yang ambruk. Ada juga hotel yang ambruk di kota kecil Amatrice dan sudah ditemukan tujuh jenazah di bawah bangunan yang kabarnya dihuni 70 tamu saat gempa terjadi.

Karena kehilangan tempat tinggal dan takut terjadi gempa susulan, ratusan warga yang selamat kini tidur di tenda-tenda relawan yang berada di lapangan atau ruang parkir. Setiap tenda berisi 12 orang yang harus bertahan hidup sambil menahan kepedihan. Salah satu warga yang jadi korban gempa mengaku bahwa suara gempa dini hari itu begitu mengerikan seperti bom.

Disebutkan, gempa yang terjadi pada pukul 03.36 waktu setempat atau Rabu (24/8) siang di Indonesia itu berpusat 100 kilometer di timur laut Roma, tak jauh dari Perugia. Gempa yang menghantam sejumlah dataran tinggi di Italia ini mencatat Amatrice sebagai daerah yang paling parah kerusakannya. Sampai sejauh ini sudah ada 368 orang dilaporkan terluka, seperti dilansir BBC.

Atas apa yang terjadi, Perdana Menteri Italia yakni Matteo Renzi berjanji untuk menyelamatkan dan menemukan semua korban yang masih terkubur di puing-puing bangunan. Semoga saja seluruh warga yang tertimbun berhasil diselamatkan ya.

sumber : plus.kapanlagi.com

IT RFB BDG