Pasar Komoditi Dunia Membaik

PT RIFAN FINANCINDO – Pasar Komoditi Dunia Membaik

PT RIFAN FINANCINDO BANDUNG – Logam mulia melonjak memimpin kenaikan dipimpin komoditas, meningkatkan saham pertambangan.

Perak menyentuh dua tahun tertinggi dan emas rally untuk hari keempat setelah Brexit mendorong permintaan untuk havens.

Minyak mentah Brent bertahan di atas $ 50 per barel setelah ancaman militan Nigeria akan menganggu produksi, sedangkan nikel naik ke delapan bulan tertinggi setelah Filipina mengumumkan rencana untuk mengaudit semua operasi pertambangan di wilayah negera tsb.

Indeks Stoxx Europe 600 diperdagangkan di level tertinggi sejak April, sementara kinerja mata uang dari produsen komoditas Australia, Kanada dan Selandia Baru terbaik di antara rekan-rekan utama. Shanghai Composite Index naik terbesar sejak Mei.

Komoditas

Perak melonjak sebanyak 7 persen, kenaikan terbesar intraday sejak 2014, diperdagangkan pada $ 20,3404 pada 11:28 di London. Emas batangan naik 0,7 persen pada hari Senin.

Minyak mentah Brent naik 0,5 persen menjadi $ 50,59 per barel. Sebuah kelompok militan yang beroperasi di wilayah penghasil minyak di selatan Nigeria melakukan penyerangan di lima fasilitas pompa minyak mentah, upaya pemerintah gagal untuk menegakkan gencatan senjata.

Nikel, yang digunakan dalam pembuatan stainless steel, naik 3,6 persen menjadi lebih dari $ 10.000 per ton di London. meningkat 5,6 persen pada hari Jumat setelah Filipina mengumumkan rencana audit yang mengancam untuk mengekang pasokan dari negara Asia tenggara.

Karet berjangka meninggi 3,7 persen di Tokyo, didukung oleh menyusutnya stok setelah hujan mengganggu produksi di Thailand.

Saham

Stoxx 600 tergelincir 0,2 persen, setelah posting adalah terbesar empat hari reli sejak Februari. Volume saham berpindah tangan sekitar 20 persen lebih rendah dari 30-hari rata-rata, dengan pasar Amerika Serikat tutup untuk libur Hari Kemerdekaan. S & P 500 Index berjangka naik 0,2 persen.

Italia FTSE MIB Index turun 0,9 persen, penurunan terbesar di antara pasar barat-Eropa, seperti Banca Monte dei Paschi di Siena SpA dan Banca Popolare dell?Emilia Romagna SC kehilangan lebih dari 3 persen. ECB telah meminta Monte Paschi untuk menyusun rencana untuk mengatasi beban buruk-kredit, tanda perbankan nasional berada di bawah tekanan untuk meningkatkan keuangan mereka.

FTSE 100 Index U.K. sedikit berubah. Fresnillo Plc dan Randgold Resources Ltd naik lebih dari 4 persen pada Senin.

MSCI Emerging Markets Index naik 0,5 persen ke level tertinggi sejak April. Naik 6,1 persen dalam lima hari, kinerja terbaik untuk periode sejak 7 Maret.

Shanghai Composite Index naik 1,9 persen. Hang Seng China Enterprises Index saham daratan diperdagangkan di Hong Kong naik untuk hari ketiga, maju 1 persen, menuju penutupan tertinggi sejak 10 Juni sebagai perdagangan melanjutkan setelah liburan pada hari Jumat. patokan India naik 0,5 persen.

Mata Uang

Yen Jepang melemah 0,1 persen menjadi 102,60 per dolar. Hal turun 0,3 persen pekan lalu karena Gubernur BOJ Haruhiko Kuroda mengatakan dana lebih bisa disuntikkan ke pasar harus mereka dibutuhkan. Mata uang ini sempat menyentuh 99,02 setelah Brexit, level terkuat sejak 2014.

 

sumber : vibiznews.com

 

IT RFB BDG