USDJPY Coba Bangkit

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Berita forex di hari Senin(27/6), yen terpantau pelemahan tipis terhadap dollar AS setelah mata uang Jepang membukukan penguatan mingguan ketika hasil dari Brexit referendum Inggris Jumat kemarin mengisyaratkan bahwa Britania Raya secara resmi telah lepas dari blok Eropa.

Berlangsungnya perdagangan di sesi Asia, USDJPY terpantau menguat 0.04% di level 102.27 dimana pasangan tersebut telah bergerak menyentuh level low di 101.52 dan level high di 102.47. Terhadap mata uang utama lainnya dengan pasangan EURJPY telah terpantau melemah 0.87% di level 112.65 dan GBPJPY terpantau melemah 2.04% di level 137.01.

Awal pekan ini, pergerakan yen masih dibayangi penguatan terhadap beberapa mata uang utama dunia ketika dampak dari Brexit referendum masih bisa dirasakan oleh pasar. Pada hari Jumat kemarin, Inggris untuk kali pertama secara resmi telah melepas diri dari Uni Eropa sejak formasi tersebut dibentuk, meski keputusan tersebut bukan berarti Britania Raya benar ? benar lepas hubungan dengan blok 28 Negara tersebut. Seperti yang diumumkan, sebanyak 52% suara telah memutuskan agar Inggris lepas dari EU dan 48% suara untuk bertahan terhadap Uni Eropa setelah 43 tahun dalam suatu referendum bersejarah.

Sedangkan di hari yang sama, sebuah laporan resmi yang

dirilis oleh Census Bureau menyebutkan bahwa pesanan barang tahan lama di wilayah Amerika mengalami penurunan sebesar 0.3% untuk periode April hingga Mei dan data tersebut juga mengantarkan pasangan USDJPY membukukan pelemahan mingguan. Sementara itu, minimnya laporan fundamental ekonomi perdagangan Asia pagi ini diperkirakan akan memberikan dampak pergerakan pasar yang lebih tenang. RIFAN FINANCINDO BERJANGKA

 

IT RFB BDG